Header Ads

Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Teman Kita!


Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!


Bagi sebagian orang maen game strategi itu bukan sesuatu yang menyenangkan, katanya membosankan, ngabisin banyak waktu, dan bikin ngantuk. Tapi buat gue yang tumbuh bersama Age of Empiresdan Battel Realms, game strategy adalah genre favorit dan game yang paling menantang buat dimainkan. Gak melulu soal aksi sradak-sruduk, tembak sana tembak sini, atau terjun dari pesawat kontainer. Lebih dari itu, game strategi punya pesona dimana setiap langkah atau keputusan yang kita ambil, akan memicu rangkaian peristiwa tidak terduga yang akan mempengaruhi jalannya cerita. Akan sangat memuaskan melihat strategi yang udah kita racik pada akhirnya berjalan mulus, tapi juga bikin frustasi jika kesalahan langkah kecil yang kita ambil justru malah merusak progress panjang yang udah kita jalani.. just like a real life, isn't it? Well, Di situlah tantangannya.


Gak usah banyak basa-basi deh, langsung aja deh yuk ke list yang pertama, yaitu:


Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!

Sid Meier's Civilization V: Brave New World (2010)


Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!

Sid Meier's Civilization V: Brave New World © Take-Two Interactive Software, Inc.


"Wait! Just... one... more... turn... ",  adalah dialog box yang muncul ketika kita mencapai kondisi kemenangan. Kalimat tersebut memang sangat cocok menggambarkan bagaimana pengalaman bermain Civilization V secara kesuluruhan. Adiktif!. Ya, karena game yang dikembangkan oleh Firaxis Games ini memang sangat seru sampai membuat gue seolah gak mau berhenti meskipun udah dalam kondisi victory. "Tar dulu ah, mau coba nuklir kota sebelah dulu.. ", begitulah kira-kira seringnya. Main game ini mau gak mau kita akan dipaksa duduk depan PC atau laptop selama berjam-jam, bahkan untuk satu game dengan map 10 player dibutuhkan waktu kurang lebih 8 - 10 jam untuk mencapai 1 dari 5 kondisi kemenangan yang disediakan, yaitu Time Victory, Science Victory, Culture Victory, Domination Victory dan Diplomacy Victory. 


Pada Civilization V kita bertugas untuk memimpin sebuah peradaban dari mulai zaman pra-sejarah hingga zaman modern. Mengembangkannya sesuai dengan karakteristik peradaban atau tujuan victory yang ingin kamu capai. Terdapat lebih dari 20 peradaban yang bisa kamu pilih beserta pemimpin dengan segala keunikannya. Sebagai contoh India dengan pemimpinnya Gandhi memiliki keistimewaan melipatkangandakan happiness dari jumlah penduduk kota serta memiliki pasukan gajah perang yang tidak dimiliki peradaban lainnya. Selain India, terdapat juga Japan dengan pemimpin Oda Nobunaga, Rome dengan Augustus Cesar, France dengan Napoleon, bahkan bangsa Indonesia yang dipimpin oleh Gadjah Mada.  

Yang membuat Civilization V menarik adalah interaksi antar pemain. Di sini, AI cukup interaktif dan banyak intrik. Setiap langkah yang kita buat akan mempengaruhi hubungan kamu dengan peradaban lainnya. Kita akan selalu dibuat penasaran dengan langkah apa yang akan dibuat lawan kita. Bahkan bisa saja pada satu turn peradaban lain menawarkan persahabatan dan kerja sama, namun pada 5 turn berikutnya, pasukan lawan dengan kekuatan penuh sudah berada di perbatasan kamu dan siap mengambil alih kota. Menarik kan?


Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!


Europa Universalis IV (2013)


Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!

Europa Universalis IV © Paradox Interactive


Sama seperti Civilization V, Europa Universalis IV juga merupakan game real-time game strategy. Artinya game yang dikembangkan oleh Paradox Studio ini lebih menawarkan aspek strategi dalam memainkannya dibandingkan aspek aksi. Namun yang membedakan EU IV dengan Civ V adalah EU IV memiliki game mekanik yang terasa lebih kompleks dalam memainkannya. Selain karena setiap aspek kebijakan yang akan diambil seperti ekonomi, politik, militer akan saling mempengaruhi, latar belakang setiap negara juga disesuaikan dengan sejarah asli di dunia nyata. Contohnya jika kita bermain sebagai Kerajaan Ottoman, mampukah kita menaklukan Vienna pada tahun 1683? Atau lebih jauh lagi menusuk lebih dalam hingga ke jantung Eropa? Dan selagi kita sibuk invasi negara lain, kita juga harus mempertimbangkan kemungkinan pemberontakan yang terjadi wilayah-wilayah kita.


Buat gue EU IV adalah ultimate game strategy yang benar-benar meng-cover semua sejarah dunia. Di game ini kita diminta untuk memainkan satu dari hampir setiap negara di dunia yang hadir pada periode tahun 1444 hingga 1821. Seperti Spanyol, Ottoman (Turki), Roman Empire, Nippon, Venice, Aztec, Syria, Majapahit, Aceh, Mataram, dan ratusan negara lainnya. Tiap negara memiliki tantangan dan tingkat kesulitannya masing-masing, dan setiap tujuan dan langkah yang ingin kita capai akan mempengaruhi sejarah yang terukir. Terdengar rumit dan sulit? Emang. Tapi bukankah untuk penggemar game strategy semakin kompleks sebuah game akan semakin menantang dan menarik untuk dimainkan? Pastinya!


Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!

Total War: Warhammer (2016)


Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!

Total War: Warhammer © Creative Assembly


Ada satu kalimat yang cocok untuk menggambarkan kesan memainkan Total War: Warhammer secara keseluruhan; "Perang kolosal antara manusia dan ras lain yang brutal". Tidak seperti dua game yang disebutkan di atas, Total War: Warhammer lebih bercerita tentang peperangan dalam dunia fantasy dimana berbagai ras saling berperang dalam skala masif untuk memperebutkan wilayah. Di sini kita bukan hanya bisa mengendalikan ras manusia atau yang disebut Empire, tetapi juga ras lainnya seperti Greenskins (Orc & Goblin), Vampire, dan Dwarf, serta kehadiran monster-monster dan makhluk legenda lainnya, disertai efek-efek sihir yang menggelegar turut menambah kadar ke-epic-an game ini.

Dibanding dua judul sebelumnya, Total War: Warhammer memang 'sedikit' lebih sederhana. Tidak ada cerita yang solid yang melatarbelakanginya, premis utamanya hanyalah bagaimana kita membantai ras lain dan menguasai wilayahnya. Meski begitu, untuk melakukan hal tersebut tidak akan semudah kelihatannya. Kita juga harus mempertimbangkan kemampuan pasukan dan bagaimana memanfaatkannya sebaik mungkin, karena setiap unit memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, faktor ekonomi, pembangunan, dan kesetiaan juga harus kita pikirkan untuk meraih kemenangan.

Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!
Cities: Skylines (2015)


Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!

Cities: Skyline © Colossal Order / Paradox Interactive 


Meskipun bukan bertipe real-time strategy, dengan segala keistimewaannya gue rasa Cities: Skylines layak untuk masuk ke dalam daftar game strategy. Cities: Skylines memang bukan RTS (real-time strategy), tapi lebih kepada jenis game city builder. Tapi bukan berarti tidak membutuhkan strategy dalam memainkannya. Perlu putar otak dan strategi juga karena masalah kota yang muncul juga bukan hal sepele. Ya, Cities: Skylines memang serupa dengan franchise SimCity, namun bagi gue game ini jauh lebih kompleks, lebih impresif, dan pastinya dengan grafik yang jauh lebih baik.

Di game ini pada awal permainan kita hanya akan diberikan sebidang wilayah yang tidak terlalu besar dan sejumlah uang in-game yang dapat kita pergunakan untuk pembangunan. Tugas kita adalah bagaimana memaintainance kota tersebut supaya terus berkembang dan semakin maju. Hal yang membuatnya rumit dan menantang adalah kita tidak boleh asal membangun, namun juga harus memikirkan budget, populasi, kesehatan, kebahagiaan penduduk, ketenagakerjaan, polusi lingkungan, arus lalu lintas, dan faktor-faktor lain yang secara langsung mempengaruhi pertumbuhan kota kita. Tidak sampai disitu, bahkan ketika kita udah berhasil membangun kota yang indah dan makmur, ada aja bencana maha dahsyat, seperti angin tornado, banjir, dan gempa bumi yang siap melululantahkan kota kita. Sedih gak? emoticon-Ngakak (S)

Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!
Crusader Kings II (2012)


Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!

Crusader Kings II © Paradox Interactive 


Seri Crusader Kings juga merupakan game strategy besutan Paradox Interactive. Game ini mengambil latar belakang abad pertengahan yakni sekitar tahun 1066-1453. Berbeda dengan EU IV, Crusader Kings II tidak memerintah sebuah peradaban atau negara, melainkan hanya sebuah dinasti dan lebih kepada political strategy sebagai tujuan utamanya. Itu artinya, di sini kita tidak bermain sebagai pemimpin immortal yang memerintah melintasi zaman, melainkan bermain sebagai seorang individu yang karakternya bisa menua dan mati, kemudian digantikan oleh penerusnya. Oleh karena itu, kaita akan lebih sering berhadapan dengan urusan keluarga dan politik dibandingkan penaklukan wilayah atau peperangan.


Crusader Kings II memang udah terkenal karena mampu mengembangkan cerita yang kompleks. Jika kalian penggemar serial Game of Thrones, Crusader Kings II adalah game yang paling dekat merepresentasikan serial tersebut (bukan berarti GoT terinspirasi dari Crusader Kings atau sebaliknya ya, ini cuma contoh). Kudeta kekuasaan, pernikahan politik, anak yang tidak diinginkan, hingga hubungan incest pun kerap terjadi. Bukan hal yang aneh jika kita harus mengeksekusi bayi lelaki yang baru lahir, hanya supaya anak perempuan yang lebih pintar bisa menguasai tahta. Di balik segala drama tersebut, Crusader Kings II tetap menjadi sebuah game strategy menarik yang punya plot-twist mengejutkan. Terdapat beberapa strategi militer yang super dan tidak biasa, serta sistem diplomasi dan hierarki kompleks yang siap membuat kepala kita pusing tujuh keliling. 


Suka Game Strategi? Cobain nih 5 Game Strategi Favorit Gue!

Itulah gan game strategi favorit gue yang juga bisa dibilang terbaik menurut gue. Sebenernya masih banyak lagi seperti Civ VI, Tropico, atau Stronghold, tapi ke 5 judul di atas tetap jadi yang paling berkesan bagi gue. Tentu agan boleh tidak setuju dengan list di atas, toh balik lagi tulisan ini berdasarkan preferensi pribadi gue. Klo agan punya judul game strategi favorit, monggo disebutkan, kali aja gue jadi ikutan tertarik main..


Dah ah nulisnya, Sekian Thread dari gue. Semoga tulisan dari gue bisa memberikan hiburan dan jadi inspirasi agan supaya demen maen game strategy. Mohon maaf klo ada salah-salah kata atau data. Namanya juga manusia..


Salam Hangat,

100suns

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.